Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 Pertemuan 3 (SOFTWARE KOMPUTER) – pabaiq.blospot.com

Bismillah

Bagaimana kabar sahabat baiq semua? semoga sehat selalu. Sudah lama kita tak jumpa , karena saya lagi mager buat postingan. hehehe…maaf yaa.

Postingan kali ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya tentang Rangkuman Materi Informatika atau Bahan Ajar Informatika. Jika anda belum membaca atau belum memahami materinya silahkan bisa di buka DISINI dan DISINI

Baiklah , langsung saja ke maksud postingan kali ini. Pada postingan kali ini , saya akan coba lanjutan berbagi tentang materi informatika Kelas VII SMP/MTs yaitu tentang Hardware yang termasuk kedalam perangkat keluaran dan penyimpanan pada komputer. Materi ini juga bisa di download dan dijadikan sebagai bahan ajar bagi peserta didik baik di sekolah maupun di rumah. 

Rangkuman Materi Software Komputer

KOMPETENSI DASAR

3.1 Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi , serta aplikasi

MATERI POKOK
Perangkat keras komputer , bagian dan fungsi-fungsinya Sistem operasi dan fungsi-fungsinya

RINGKASAN MATERI
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)

SOFTWARE OPERATING SYSTEM (SISTEM OPERASI)

1. Pengertian

Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem , termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia

2. Cara Kerja

Sistem operasi berfungsi untuk mengontrol suatu proses yang sedang berjalan/berlangsung ,  mengalokasikannya ke CPU yang berbeda (diantara CPU) , dan mengatur memori internal (dalam) sistem , mengalokasikannya diantara proses yang sedang berlangsung/berjalan

3. Fungsi Sistem Operasi

Untuk lebih jelasnya mengenai Sistem operasi komputer , anda dapat membaca ulasan mengenai fungsi Sistem operasi agar anda dapat mengenal lebih jauh sistem komputer.
1. Menjalankan Operasi Dasar
Sistem operasi menjalankan fungsi dasar pada komputer , ia mengatur bagaimana penggunaan memori , pemrosesan data , penyimpanan data dan fungsi dasar komputer lainnya.
2. Mengatur Hardware
Hardware merupakan perangkat keras yang tersambung pada komputer seperti speaker ,CPU , Mouse dan lain sebagainya. SO bertugas mengatur kerja perangkat keras komputer (resource manager). Menyambungkan perangkat keras dengan perangkat lunak agar mampu bekerja dengan baik.
3. Mengatur Berbagai Macam Aplikasi
Seluruh aplikasi yang ada di dalam komputer memang tersimpan dalam memori penyimpanan. Namun , perlu anda ketahui semua aplikasi tersebut ada dalam sebuah Sistem operasi dan jika tidak ada OS komputer maka anda tidak akan mampu menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut.
4. Untuk Menyajikan Sebuah Tampilan
Tugas dari OS komputer adalah memudahkan penggunaan aplikasi karena aplikasi-aplikasi tersebut dapat ditampilkan dilayar monitor komputer atau halaman utama saat anda baru saja menyalakan komputer.
5. Untuk Koordinasi Perangkat Komputer
Fungsi lain dari sistem operasi komputer adalah dapat mengkoordinasikan semua hal yang ada didalam komputer dalam hal menyusun program yang memiliki sifat kompleks menjadi lebih simpel dan berurutan. Dengan kata lain , memberikan kelebihan dalam membantu pekerjaan user lebih praktis dan efisien.
6. Untuk Fungsi Komputer yang Optimal
Memberikan optimasi kerja pada perangkat keras maupun perangkat lunak atau software merupakan fungsi Sistem operasi selanjutnya. Beberapa hal yang dapat dijalankan antara lain memberikan waktu dalam menjalankan CPU , pemanggilan file yang telah tersimpan di dalam hard disk.
Untuk selengkapnya terkait dengan penjelasan tentang perangkat lunak komputer (software) silahkan bisa di lihat dan di download melalui tautan berikut ini:

Untuk mendapatkan file selengkapnya , anda juga bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:
  1. Unduh file pdf DISINI
  2. Unduh file pptx DISINI
Demikian ulasan tentang rangkuman materi Informatikan SMP/MTs Kelas 7 ini semoga bisa menjadi salah satu alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran. Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Berikut link video pembelajarannya silahkan disimak: 
Baca Juga: