APLIKASI KKM K13 SD/MI SEMUA JENJANG (KELAS I-VI) – Sang Pendidik

Aplikasi KKM yang akan saya bagikan ini adalah Aplikasi KKM SD/MI dari Kelas I-VI. Untuk mengunduhnya , cukup dengan klik gambar di bawah ini , nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file. Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas II , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file.Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas III , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file.Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas IV , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file. Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas V , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file. Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas VI , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file.Semoga Aplikasi KKM yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya sebagai langkah awal dalam menyambut tahun ajaran baru. Jika dirasa bermanfaat dapat menyebarkan atau membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya. Dengan harapan dapat sedikitnya membantu dalam merumuskan KKM.
Semangat Pagi , ,
Kriteria Ketuntasan Minimal atau yang disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar peserta didik yang ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan. KKM harus ditetapkan di awal tahun ajaran dimulai. Dalam menetapkan KKM , setiap satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama-sama melalui musyawarah atau rapat antara kepala sekolah , pendidik , dan tenaga kependidikan. Dengan demikian maka diharapkan dapat menetapkan KKM sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah tersebut. 

Ada 3 aspek yang digunakan sebagai dasar dalam merumukan atau menetapkan KKM. Adapun 3 aspek tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Karakteristik Peserta Didik (Intake): memperlihatkan kualitas peserta didik yang dapat diidentifikasi melalui hasil ujian sebelumnya , nilai rapor sebelumnya , ataupun melalui tes awal yang dilakukan oleh sekolah tersebut. Semakin tinggi aspek intake , maka semakin tinggi pula KKM di sekolah tersebut.
  2. Karakteristik Mata Pelajaran (Kompleksitas): tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran , yang dapat ditetapkan dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD , kedalaman KD , keluasan KD , dan perlu tidaknya pengetahuan prasyarat. Semakin tinggi kesulitan suatu kompetensi dasar maka nilai KKM yang diberikan semakin rendah.
  3. Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung): kondisi yan dimaksud meliputi kompetensi pendidik (misalnya nilai Uji Kompetensi Guru); jumlah peserta didik dalam satu kelas; predikat akreditasi sekolah; dan kelayakan sarana prasarana sekolah. Semakin tinggi daya dukung maka semakin tinggi pula nilai KKM yan diberikan.

Nah ke-3 aspek diataslah yang akan sangat mempengaruhi KKM di satuan pendidikan. Jadi sudah dapat dipastikan KKM di masing-masing satuan pendidikan akan berbeda-beda tergantung dari ke-3 aspek yang sudah dipaparkan di atas. 

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan aplikasi KKM yang akan memudahkan bapak/ibu untuk merumuskan KKM. Jadi bapak/ibu cukup menginputkan nilai ke-3 aspek tersebut dalam aplikasi , nantinya sistem yang akan merata-ratakan nilainya sehinga akan diperoleh KKM. Jadi bapak/ibu tidak perlu susah-susah untuk menghitunnya lagi. 

Aplikasi KKM yang akan saya bagikan ini adalah Aplikasi KKM SD/MI dari Kelas I-VI. Untuk mengunduhnya , cukup dengan klik gambar di bawah ini , nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file.

Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas II , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file.

Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas III , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file.

Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas IV , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file. 

Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas V , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file. 

Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI Kelas VI , silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat mengunduh file.

Semoga Aplikasi KKM yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya sebagai langkah awal dalam menyambut tahun ajaran baru. Jika dirasa bermanfaat dapat menyebarkan atau membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya. Dengan harapan dapat sedikitnya membantu dalam merumuskan KKM.